SELAMAT DATANG DI BLOG PRIBADI SALEHUDDIN FISIKA C 2010 PROFIL KECAMATAN BIRINGBULU ~ SALEHUDDIN

Friday, July 16, 2010

KECAMATAN BIRINGBULU
Kecamatan Biringbulu merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Gowa yang terletak di bagian Tenggara Kabupaten Sultan Hasanuddin ini.Kecamatan biringbulu sendiri merupakan hasil dari pemekaran Kecamatan Tompobulu pada November 1998,di mana pejabat pertamanya adalah Drs.Basri Lanto.

Sebelum Kecamatan Biringbulu terbentuk,warga di beberapa Desa yang kini masuk di Kecamatan Biringbulu harus datang kekantor camat Tompobuludi Malakaji untuk mengurus keperluan,tapi dengan terbentuknya Kecamatan Birngbulu masyarakat tidak perlu lagi ke Malakaji karena Kelurahan Lauwa sudah di tetapkan sebagai ibu kota Kecamatan.

Demikian halnya dengan transportasi dari berbagai daerah sekitar juga semakin lancar,sudah ada beberapa jalur angkutan umum ke berbagai daerah sekitar,terutama ke ibu kota Kabupaten di Sungguminasa,lancarnya angkutan umum tersebut membuat warga Biringbulu dengan mudah bepergian ke Sungguminasa atau ke kota Makassar.

Kecamatan Biringbulu kaya dengan hasil bumi dari berbagai jenis sepperti kopi,jambu mente,tapioka,dan juga gula merah.Dan hasil bumi Biringbulu tersebut sebagian di jual ke pedagang dan sebagian di komsumsi.

Para pemimpin Kecamatan Biringbulu dari beberapa periode
1.Drs.Basri Lanto(1998 s/d 2006)
2.Dra.Kamsinah,MM(2006 s/d sekarang)

Adapun Desa yang termasuk dalam wilayah kecamatan Biringbulu adalah :
1.kelurahan Lauwa 7. Desa Beruttallasa
2.Desa Tonrorita 8. Desa Batu Rappe
3.Desa Borimasunggu 9. Desa Batumalonro
4.Desa Taring 10. Desa Julukanayya
5.Desa Parangloe 11. Desa Lembang Loe
6.Desa Pencong

Creted By Salehuddin dan Sumber “Sejarah Biringbulu”

0 comment:

Post a Comment